Tuesday, April 23, 2013

Happy B'day Bunda Maha Cundhi ^.^


Nama Bodhisattva Cundi Cundhi Saptakoti-Buddhaphagavati atau biasa disingkat Bodhisattva Cundi, diambil dari Bahasa Sansekerta. Terjemahannya bermacam versi.
Maha Bodhisattva ini dikenal secara populer oleh Umat Buddha mahayana, dikarenakan Mantranya yang dinamai Mantra Cundi.

Beliau juga dinamai "Sang Kuan Yin Pelatih Kehidupan Spiritual agar dapat masuk ke alam surga" oleh umat Buddha Sekte Dhyana.

Mantranya yang dinamai Mantra Cundi telah diajarkan secara luas dan sangat populer.
Terdapat 9 (sembilan) lukisan mengenai Maha Bodhisattva Cundi ini. Beberapa dari lukisan atau rupangnya, ada yang mempunyai dua tangan, empat tangan, bahkan ada yang mempunyai 84 tangan. Umumnya umat Buddha memuja lukisan atau rupangnya yang bertangan 18 dan bermata tiga.

Dalam rupang atau lukisannya, tiap tangannya bersikap bermacam-macam. Ada yang sedang memberikan berkah, memegang pedang atau tasbih, atau memegang alat untuk menghaluskan dan mencampur obat-obatan yang berhiaskan intan berlian. Bila melihat rupang atau lukisan Bodhisattva ini, beberapa umat Buddha sering salah mengerti. Mereka menyangka itu lukisan Bodhisattva Avalokitesvara, yang dikenal dengan nama "Sahasrabhuja aryavalokitesvara".
Sebenarnya terdapat mata yang jumlahnya 27 dan 40 tangan (jika ditambah dengan satu tangan yang sikapnya mencakup kedua telapak tangan menjadi satu, dan satu tangan lagi yang sikapnya sedang memberikan berkah), maka jumlah tangannya menjadi 42.

Banyak yang sulit membedakan Maha Cundhi dengan Bodhisatva Aryavalokitesvara karena Mereka memiliki persamaan yang cukup sama dan sulit di bedakan, yaitu bertangan dan bermata banyak.

Mantra dari Maha Cundi yang berartikan langsung "Hati Ibu dari 7 Koti Para Buddha" sudah terkenal sangat ampuh dan bermanfaat, hanya dijapa dan di lafalkan dalam jangka waktu singkat, namun sudah sangat terasa manfaat nya. 

Apabila para sadhaka dapat melafalkan mantra ini melebihi 200.000x, akan bermimpi bertemu Maha Cundhi Bodhisatva dan para Buddha.
Apabila para sadhaka dapat melafalkan mantra ini dengan tulus melebihi 800.000x, semua karma-karma membunuh yang berat dari kehidupan lampau akan sirna dan terlenyapkan. Setelah meninggal, akan memiliki kesempatan bertemu Buddha dan mendapatkan Dharma langsung dari para Buddha, sehingga dengan cepat akan mencapai Pencerahan. 
Hidup akan terhindar dari bahaya api air, bertemu ular dan binatang mematikan lain akan aman dan di lindungi para Bodhisatva. 

Namun ingat, itu semua bukan lah janji, namun itu sudah terbukti dari para sadhaka yang benar-benar tulus menjapa nya. Apakah anda menginginkan efek seperti itu? Anda perlu bertanya dulu sudah kah benar-benar tulus? 
Saya perlu ingatkan, semua itu bisa dikatakan sebagai semacam pemberkatan dari Yang Atas saja, kita sebagai sadhaka hendak nya benar-benar tulus dan tidak terlalu mengharapkan hal seperti itu. Anda tulus menghormati dan menjalankan ajaran Buddha, otomatis anda akan di lindungi, bukankah begitu? 


Dalam rangka menyambut ulang tahun Bunda Maha Cundhi Bodhisatva (tanggal 25/4), mari kita bersama-sama menjapa mantra Maha Cundhi Bodhisatva... Dan boleh menjerit sekuat-kuatnya dalam hati (Happy B'day Bunda Maha Cundhi).... ^.^


Mantra Maha Cundhi Bodhisatva:
"Namah Saptanam Samyak-Sambuddha Kotinam Tadyata Om Cale Cule Cundi Svaha"

Maha Chundi Bodhisatva Picture.

(Kanan Kiri sama)

Maha Mudra Of Maha Cundhi Bodhisatva

No comments:

Post a Comment