Friday, March 9, 2012

Bodhisatva Avalokitesvara (chenrenzig)

Berbicara tentang Bodhisatva yang satu ini jarang ada yang tidak mengenal nya. Yidam Avalokitesvara sudah tidak asing lagi, banyak yang mengenal nya. Dalam versi mandarin dikenal dengan sebutan Dewi Kwan Im (Kwan Im Pu Sa). Dalam Tibetan juga di kenal dengan nama Chen-Ren-Zig.
Yidam Avalokitesvara adalah sesosok Yidam yang di gambarkan dengan penuh welas asih, penuh penyayang. Mengobati yang sakit, memberikan terang di dalam kegelapan, menghindari kita dari bencana. Dan masih banyak lagi penggambaran tentang Yidam Avalokitesvara yang tidak dapat di katakan sampai habis.

Mantra dari Yidam Ava juga sudah sangat tidak asing lagi, apa lagi kalau bukan  "OM MANI PADMA / PADME HUM". Dikatakan bila membaca mantra ini sebanyak 108x perhari, akan terhindar dari segala bencana. Ini tentu tergantung kepada kepercayaan orang masing-masing. Tapi saya sendiri sangat percaya. 
Kalau dalam Mahayana dikenal dengan mantra versi mandarin nya yaitu dengan menjapa nama Yidam Avalokitesvara dengan "Namo Kwan Se Im Pu Sa". Banyak orang percaya dengan mengucapkan nama besar seorang Bodhisatva akan mengundang Bodhisatva tersebut hadir dan memberkati kita. Anda boleh tidak mempercayai nya, boleh juga mempercayai nya, itu semua tergantung pada pandangan anda sendiri. 

Nah, apakah perwujudan Bodhisatva Avalokitesvara selalu mengenakan jubah putih memegang pot bunga? tidak semua seperti itu. Dalam Tantrayana, perwujudan Yidam Ava di wujudkan dengan berlengan 4. 
Berikut saya sajikan beberapa foto-foto Yidam Avalokitesvara versi Tantrayana tentunya, semoga anda menikmati yah. ^.^










No comments:

Post a Comment